MEMBANGUN NUANSA DRAMATIS MELALUI RITMIK EDITING DALAM FILM "KALA"

research
  • 04 Mar
  • 2025

MEMBANGUN NUANSA DRAMATIS MELALUI RITMIK EDITING DALAM FILM "KALA"

Skripsi ini berjudul "Membangun Nuansa Dramatis Melalui Ritmik Editing dalam Film 'Kala'." Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan ritmik editing sebagai elemen teknis dan artistik dalam menciptakan pengalaman emosional yang mendalam di film drama. Ritmik editing digunakan untuk mengatur tempo, transisi antar adegan, dan durasi shot yang mendukung alur cerita serta emosi.

Film "Kala" menggambarkan hubungan emosional antara ibu dan anak melalui tema cinta, pengorbanan, dan kehilangan. Ritmik editing membantu membangun intensitas emosi, mulai dari adegan reflektif yang tenang hingga konflik dramatis yang intens. Transisi shot yang halus, durasi shot yang terstruktur, dan kombinasi warna serta musik latar digunakan untuk memperkuat atmosfer cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ritmik editing tidak hanya berfungsi sebagai alat teknis tetapi juga sebagai medium naratif untuk menyampaikan pesan moral secara efektif.

Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan teknik editing di genre drama. Dengan mengintegrasikan elemen teknis dan artistik, film "Kala" mampu menghadirkan pengalaman sinematik yang bermakna dan relevan dengan kehidupan masyarakat. Penelitian ini juga diharapkan menjadi acuan bagi pembuat film dalam menciptakan karya yang emosional dan bermakna.

Unduhan

  • cover.pdf

    44231428_Dede Riantorro_cover

    •   diunduh 5x | Ukuran 152 KB

 

  • skripsi full.pdf

    44231428_Dede Riantorro_Full Skripsi

    •   diunduh 11x | Ukuran 14,006,797

REFERENSI

Angga, D. M. P. (2022). Analisis Isi Film “The Platform.” Journal of Digital Communication and Design (JDCODE), 1(2), 127–136.

Arya Pratama, A., Ketut Buda, I., & Payuyasa, N. (2021). Teknik Ritmis Dan Spasial Untuk Membangun Emosi Karakter Pemeran Pada Film “Genismara.” Jurnal Calaccitra, 01(2), 24–30. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra

Danardana, A. S., Wahyuni, D., Setiyanto, E., & Rahayu, R. (2022). Dinamika Identitas dalam Bahasa dan Sastra. Dunia Pustaka Jaya. https://books.google.co.id/books?id=QPukEAAAQBAJ

Desi, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Ersyad, H. M., & Irawan, R. E. (2023). Peran Editor Dalam Produksi Program TV Magazine Show “Gotomotif.” Inter Community Journal of Communication Empowerment, V(1), 35–51.

Ezriani, & Sondra, A. (2022). Analisis Intercut Scene 1, 2, dan 11 Pada Story Board Film Patekong. 4(2003), 6296–6303.

Fish, B. (2020). MEMANFAATKAN DIMENSI TEMPORAL UNTUK MENDUKUNG PENCERITAAN TERBATAS DALAM EDITING FILM FIKSI “TRY AGAIN” SKRIPSI. 2507(February), 1–9.

Hadi, D. S., Susanthi, N. L., & Putra, I. M. D. C. (2021). Membangun Kesan Realitas Melalui Dimensi Editing Dalam Film Bergaya Mockumentary “Sepenggal Kisah Bunga.” Calaccitra, 01(2), 10–15. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/calaccitra

Jayanegara, I. N., Rizaq, M. C., Nurhadi, N., Suryani, R. I., Anggakarti, D. M., Yasa, I. W. A. P., Setiawan, I. N. A. F., Putri, R. A., Negoro, A. T., Sepriano, S., & others. (2024). DKV CREATIVEPRENEUR : Prospek Kerja Lulusan Desain Komunikasi Visual. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=VtnrEAAAQBAJ

Khairi, A. S., Amri, H., Bancin, H., & Ikhwan, A. (2023). Analisis Penggunaan Teknik Editing Pada Music Video Stray Kids Thunders. Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), 3(1), 1–5. https://doi.org/10.47233/jsit.v3i1.445

Latief, R. (2020). Panduan Produksi Acara Televisi Nondrama. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=V4P1DwAAQBAJ

Latief, R. (2021). Jurnalistik Sinematografi. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=QtpBEAAAQBAJ

Luh Seni Udiyana Utami, K. W. (2024). Film Pendek sebagai Wahana Mengembangkan Kreativitas Siswa dalam. Jurnal Bahasa Indonesia Dan Pembelajaran, 2(1), 150–159.

Prayuda, Y. Y., & Risang, R. M. W. (2022). Rate of Cutting Sebagai Metode untuk Meningkatkan Tempo Adegan pada Dua Puluh Enam Menit Pertama Film Penyalin Cahaya Karya Wregas Bhanuteja. IMAJI: Film, Fotografi, Televisi, & Media Baru, 13(2), 103–116. https://doi.org/10.52290/i.v13i2.75

Rasel, M. J., & Irawan, R. E. (2023). Peran Editor Dalam Pembuatan Karya Feature Perjalanan Berjudul “Pesona Adat Dan Tradisi Desa Sade.” Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 5(1), 52. https://doi.org/10.33376/ic.v5i1.2042

Suyanto, M. (2023). Directing of Oscar Winners and box Office. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=SF3hEAAAQBAJ

Waliulu, Y. S., Arianto, T., Septriani, S., Alfathoni, M. A. M., Dewi, N. P. S., Hamzaini, H., Oktaviani, D. D., DB, V. D. P., Ali, M. M., Musawir, L. O. A., & others. (2024). TV dan Film. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah. https://books.google.co.id/books?id=C8MdEQAAQBAJ